Laman

MENINGKATKAN RASA SALING ASAH ASIH ASUH, PARAS-PAROS SARPANAYA, SAGILIK SAGULUK, SALUNGLUNG SABAYANTAKA, UNTUK MEWUJUDKAN DESA PAKRAMAN BANYUATIS YANG SEJAHTERA DAN DAMAI.

Sabtu, 02 Maret 2019

Kronologis Rencana Karya Ngusaba Desa saha Mapahayu Nini Desa Pakraman Banyuatis 2019


Om Swastiastu, Atas asung kerta wara nugraha Ida Sanghyang Widi Wasa, malantaran manah suci, Prawartka Karya Ngusabha Desa saha Mapahayu Nini menginformasikan kronologis rencana pelaksanaan karya dimaksud. Informasi ini disampaikan agar dapat dijadikan sebagai bahan refleksi bagi Krama Desa Pakraman Banyuatis terhadap pelaksanaan Karya Ngusaba Desa saha Mapahayu Nini. Sehingga, ada kesamaan pikiran dan kesatuan tindakan dari Krama Desa Pakraman Banyuatis dalam melaksanakan Karya/Upacara dimaksud. Muara dari semua ini adalah agar Krama Desa Pakraman Banyuatis selalu dalam kerahayuan dan kerahajengan.

Secara nonformal, dari komonikasi, informasi, dan  diskusi dengan para pangelingsir, pamangku, dan tokoh masyarakat Desa Pakraman Banyuatis, rencana pelaksanaan Karya Ngusabha Desa sudah menjadi wacana sejak tahun 2015. Wacana tersebut selalu hadir setiap ada pembahasan Piodalan di Pura Dalem-Prajapati atau Desa-Puseh. Dan, wacana tersebut semakin menguat dengan adanya rencana dukungan dana Rp200.000.000  untuk Karya Ngusaba Desa pada saat Sima Krama Prajuru dengan Krama Purantara dan Tokoh Masyarakat Desa Pakraman Banyuatis pada Hari Raya Galungan dan Kuningan pada tanggal 6 September 2016.

Berkaitan dengan hal tersebut, prajuru Desa Pakraman Banyuatis secara cepat mengakomodasi dukungan tersebut dengan menyusun dan mengirimkan proposal bantuan untuk Upacara Ngusabha Desa sebesar Rp200.000.000. Bantuan hibah tersebut diajukan kepada Gubernur Bali yang difasilitasi oleh tokoh masyarakat Desa Pakraman Banyuatis di Denpasar.  Bantuan hibah tersebut, diajukan pada tanggal 8 Februari 2017.

Secara formal rencana pelaksanaan Karya Ngusabha Desa tercetus pada rapat Manggala Desa Dinas dan Desa Pakraman Banyuatis, pada Minggu, 13 Mei 2018 di Bale Gong Pura Dalem Desa Pakraman Banyuatis. Pada saat itu diputuskan membentuk panitia inti yakni 1) Pengarah:  Nyoman Suisma (Bendesa) dan Ir. Made Mangku Jasaratha (Perbekel), 2) Ketua:  Jro Komang Wirahadi, 3) Wakil Ketua I: Jro Made Agus Susila dan Wakil Ketia II: Putu Arya, 4) Sekretaris:  Gede Putra Adnyana, 5) Bendahara:  Dewa Gede Susastrawan, 6) Anggota: Ketut darmika , Dewa Made Suadnyana, Manggala LPD, 7) Seksi Upacara: Jro Gede Winda (Koordinator), dan 8) Seksi Banten: Jro Made Astini (Koordinator).

Informasi tentang Karya Ngusaba Desa saha Mapahayu Nini dilanjutkan pada Paruman Desa Pakraman Banyuatis, tentang penyampaian LPJ kegiatan dan keuangan Desa Pakraman Banyuatis tanggal 1 Juni 2018 (Sukra, Paing, Dungulan). Pada saat itu Bendesa menginformasikan tentang rencana melaksanakan Karya Ngusaba Desa saha Mapahayu Nini yang puncaknya akan dilaksanakan pada Purnama Kadasa Tahun 2019, tepatnya tanggal 20 Maret 2019. Krama desa yang hadir menyatakan persetujuannya terhadap rencana tersebut.

Persiapan dan pembahasan tentang rencana pelaksanaan Karya Ngusaba Desa saha Mapahayu Nini terus dilakukan. Pada rapat Prajuru Desa Pakraman Banyuatis, Minggu, 24 Juni 2018 di Pura Desa lan Puseh Desa Pakraman Banyuatis, memperkuat tentang rencana pelaksanaan Karya tersebut. Keputusan rapat menyepakati pelaksanaan Upacara Ngusaba Desa Mapahayu Nini pada Purnama Kadasa,  20 Maret 2019 bertempat di Pura Desa lan Puseh Desa Pakraman Banyuatis. Pada saat itu dibuat jadwal kegiatan sebagai berikut.
No
Waktu
Uraian Kegiatan
1.
Mei 2018
Persiapan awal dan pembentukan panitia inti
2.
Juni 2018
Penyusunan panitia lengkap dan rencana kerja
3.
Juli 2018
Penetapan sulinggih dan matur ke Geriya
4.
Agustus 2018
Darma Wacana saking sulinggih
5.
Sept. 2018
Penetapan Dudonan acara dan anggaran biaya
6.
Oktober-Des. 2018
Persiapan Piodalan Pura Dalem-Prajapati (Tilem Kalima, 7 November 2018)
7
Januari-April 2019
Persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan Ngusabha Desa Mapahayu Nini (Puncak karya, Puranama Kadasa, 20 Maret 2019)

Koordinasi terus dilakukan dan pada Minggu, 15 Juli 2018 dilaksankan Rapat Prawartaka Karya Ngusabha Desa saha Mapahayu Nini. Keputusan rapat saat itu adalah:
1) Tingkatan Karya yang dilaksanakan adalah Madya;
2) Rencana tangkil ke griya sulinggih (Wiku Dangacarya) pada hari Minggu, 22 Juli 2018, dan yang tangkil adalah 1) Nyoman Suisma, 2) Jro Komang Wirahadi, 3) Jro Made Agus Susila, 4) Putu Arya, 5) Jro Gede Winda, dan 6) Jro Nyoman Driputra

Setelah tangkil ke Geriya dilanjutkan dengan melaksanakan Dharma Wacana. Berkaitan dengan hal tersebut, pada Minggu, 7 Oktober 2018, dialaksanakan pertemuan panitia di Pura Dalem Desa Pakraman Banyuatis, untuk membahas rencana Dharma Wacana. Hasil rapat memutuskan bahwa Dharma Wacana berkaitan dengan Karya Ngusaba Desa saha Mapahayu Nini, dilaksanakan pada Minggu, 21 Oktober 2018. Dharma Wacana mengundang Ida Pandita Dukuh Acarya Dhaksa dari Padukuhan Samiaga Denpasar.  

Demikian kronologis rencana pelaksanaan Karya Ngusaba Desa saha Mapahayu Nini Desa Pakraman Banyuatis tahun 2019. Semoga informasi ini menjadi awal yang Mulia untuk Memulai Kemuliaan.
Om Santih Santih Sanith Om.
 (Oleh: Prawartaka Karya)

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar